3 Dampak Kerusakan Terumbu Karang yang Perlu Kamu Tahu

Raja Ampat baru-baru ini mendapatkan sorotan tajam dari berbagai penjuru karena sebuah insiden rusaknya terumbu karang di Pulau Kri karena pesiar Caledonian Sky yang berlabuh saat air sedang surut.

Begini kronologi rusaknya karang Raja Ampat

karang raja ampat
Ini before after karang yang rusak di Pulau Kri. Sumber foto

Rusaknya karang Raja Ampat ini sebenarnya terjadi dua pekan lalu (4/3). Kejadian ini sendiri berawal dari kedatangan sebuah kapal pesiar Inggris yang sedang berlabuh. Proses berlabuh kapal Caledonian Sky ini gagal seketika saat menabrak karang Pulau Kri karena kala itu kedalaman laut sedang dalam keadaan surut terendah mencapai 2 meter.

Warga yang melihat kejadian ini langsung melaporkan kepada Basarnas setempat untuk menangani musibah ini. Melansir dari DetikTravel, kala itu Basarnas mendapatkan berita ini sekitar pukul 14.31 WIT.

Proses evakuasi kapal cukup lama karena menunggu situasi yang memungkinkan

karang raja ampat
Basarnas diskusi bersama pihak kapal penabrak. Sumber foto

Setelah sampai dan melihat keadaan, ternyata Basarnas tidak bisa langsung mengevakuasi kapal Inggris ini. Hal ini dikhawatirkan akan semakin merusak terumbu karang, karena air laut yang surut. Basarnaspun membiarkan kapal Inggris itu duduk diatas terumbu karang yang rusak beberapa jam hingga air laut kembali tinggi.

Sekitar pukul  22.30 WIT di saat pasang tertinggi, kapal inipun langsung dievakuasi menjauhi terumbu karang.

Hingga saat ini, kejadian memilukan ini masih diinvestigasi secara lanjut. Jadi, akhir dari kejadian ini masih menjadi teka-teki. Semoga saja para pelaku mendapatkan hukuman yang sesuai dengan hukum di Indonesia.

Apa sih dampak kerusakan terumbu karang?

karang raja ampat
Begini wujud terumbu Karang Pulau Kri saat ini. Sumber foto

Saat ini kasus rusaknya terumbu karang menjadi pembicaraan di berbagai media baik media luar negeri maupun media dalam negeri. Hal ini dikarenakan kerusakan terumbu karang akibat tabrakan kapal sepanjang 200 meter. Jika dibuat luasan, maka kawasan yang rusak adalah sekitar 1 hektar. Lalu, jika sudah rusak begini apakah dampak yang akan terjadi di kawasan karang ini?

1. Populasi ikan akan berkurang

Jika ekosistem karang rusak, berarti jaring-jaring makanan di laut akan terganggu. Hal ini dikarenakan terumbu karang yang kebanyakan merupakan hewan kelas anthozoa berbentu polip ini tidak lagi bisa melindungi hewan kecil(ikan kecil, kepiting, moluska, blu) yang melakukan simbiosis mutualisme di dekatnya. Akibatnya, hewan inipun mati. Karena jumlah hewan kecil mati maka jumlah populasi predator dan ikan besar di kawasan karang rusakpun berkurang, sehingga berpengaruh pada keseimbangan ekologi.

2. Masyarakat setempat akan sulit mendapatkan ikan

Karena keseimbangan ekologi yang terganggu dan jumlah populasi ikan yang semakin sedikit, maka masyarakat yang tinggal di destinasi wisata Pulau Kri akan sulit mendapatkan ikan tangkapan.

Kerusakan karang ini juga akan membuat para wisatawan yang dulunya ingin datang ke Pulau Kri jadi berkurang karena pemandangan laut tak lagi indah, sehingga memungkinkan untuk para masyarakat setempat untuk mendapatkan uang tambahan dari para turis yang datang.

3. Kecepatan abrasi pantai akan bertambah

For your informaion: terumbu karang ternyata berfungsi untuk memperkokoh ketahanan pantai dari ombak. Jika terumbu karang rusak, berati pertahanan ini akan berkurang. Jika sudah begini, maka air laut akan semakin mudah menggerus pantai dan tebing. Yah.. sedih deh!

***

Bagi saya, kejadian ini menjadi pukulan kepada pariwisata Indonesia. Karena menurut Dr Ir Diah Permata Msc, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP mengatakan bahwa membutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk menumbuhkan terumbu karang setinggi 1 cm. Bayangkan saja, untuk menumbuhkan karang setinggi 30 cm, maka harus sabar menunggu hingg 30 tahun.

Kejadian ini mengingatkan kita untuk terus berhati-hati ketika sedang traveling, karena musibah selalu datang dengan tiba-tiba. Yuk jaga lingkungan di sekitar kita agar bisa berdampak positif bagi diri kita.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: