Kepulauan Galapagos, Kembaran Indonesia di Dunia Nyata

Indonesia saat ini banyak disorot karena keindahan ragam pulaunya. Bisa dibilang, Indonesia itu amazing banget karena punya Raja Ampat dengan pulau-pulau uniknya, Pulau Padar dengan spot foto yang instagramable, dan masih banyak lagi keunikan yang lainnya.

Ternyata, di dunia ini ada sebuah tempat yang mirip dengan Indonesia lho.

Tempat mirip Indonesia ini adalah Kepulauan Galapagos, sebuah kepulauan di sebelah barat pesisir Amerika Selatan.

Di Kepulauan Galapagos, Kamu bisa menemukan spot foto mirip Pulau Padar yang instagramable

kembaran indoensia
Wajah Kepulauan Galapagos mirip banget sama Pulau Padar. Sumber foto

Ini adalah salah satu wujud Kepulauan ini. Di sini Kamu bisa melihat pemandangan Pulau Padar ala Galapagos dengan lekukan-lekukan mirip banget sama Pulau Padar. Nggak percaya? nih bandingkan saja dengan gambar Pulau Padar di bawah ini.

pulau mirip indonesia
Ini Pulau Padar. Sumber foto

Mirip kan?

Saat Kamu menengok Kepulauan Galapagos dari ketinggian, seketika Kamu bakal mengingat Raja Ampat

pulau mirip indonesia
Kepulauan Galapagos ada yang hijau meski terkenal sebagai tempat di mana gunung api aktif bersemayam. Sumber foto

Jika melihat kepulauan ini dari ketinggian, Kamu bakal melihat keindahan alam mirip Raja Ampat. Nggak percaya? Coba tengok keindahan Raja Ampat berikut ini!

pulau galapagos
Ini Raja Ampat. Mirip kan sama Galapagos? Sumber foto

Menurut berbagai sumber, Galapagos merupakan salah satu daerah yang memiliki gunung berapi yang paling aktif di dunia mirip kayak Indonesia

pulau mirip indonesia
Gunung di Galapagos. Sumber foto

Coba deh kepo wikipedia, di sana Kamu bakalan tercengang karena ternyata Galapagos adalah tempat di mana gunung berapi aktif bersemayam. Layaknya Indonesia yang dikenal dengan ‘cincin api pasifisk’, di Galapagos juga sering terjadi gunung meletus.

Bedanya, kepulauan ini nggak dihuni oleh banyak manusia karena 97,5% kepulauan ini dilindungi oleh UNESCO.

Pulau ini terletak di garis khatulistiwa, kayak Indonesia!

kepulauan galapagos
Sejajar sama garis khatulistiwa! Foto oleh Google Maps

Meskipun sama-sama berada di garis khatulistiwa, namun kepulauan ini tak memiliki curah hujan yang tinggi kayak di Indonesia.

Iklim Kepulauan Galapagos memiliki curah hujan yang rendah, kelembaban udara yang rendah, serta suhu udara dan air yang relatif rendah.

Karena sama-sama berada di garis khatulistiwa, Indonesia dan Galapagos memiliki endemik yang sama-sama beragam dan unik

kembaran indonesia
Dua endemik mirip. Sumber foto

Yang paling unik antara Indonesia dan Galapagos adalah endemiknya yang beragam. Ciri khas yang paling mencolok dan mirip dari Indonesia dan Galapagos adalah endemik kadalnya.

Jadi, kalau di Indonesia kita sering melihat kadal raksasa bernama Komodo, di Galapagos Kamu bisa melihat kadal imut bernama Iguana diberbagai wilayah di Galapagos. Meskipun beda ukuran, dua tempat ini memiliki jenis kadal sebagai ciri khas.

Meskipun banyak kemiripan, Kepulauan Galapagos ini ternyata memiliki pulau yang tak sebanyak Indonesia

indonesia
Indonesia nih! Sumber foto

Kepulauan Galapagos ini cuma memiliki 13 pulau. Kalau dibandingkan dengan Indonesia sih nggak seberapa. Tapi, beberapa hal di atas sudah menjelaskan bahwa ke-13 pulau di Galapagos memiliki kemiripan dengan beberapa tempat di Indonesia.

indonesia
Kepulauan Galapagos. Sumber foto

Beda tapi mirip-mirip gitu.

***

Galapagos mirip banget sama Indonesia kan? Menurutmu gimana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: